Prosedur Pendaftaran

TATA CARA DAN SYARAT PENDAFTARAN
A.FORMULIR PENDAFTARAN

Formulir pendaftaran dapat didownload (dipoint H), form pendaftaran dan semua persyaratan masing-masing rangkap 3 (diset menjadi 3 bendel sesuai urutan sebagai berikut  bendel 1 untuk Program Studi berisi point 1-14, bendel ke 2 untuk UGM berisi point 1-14 dan bendel ke 3 untuk FK berisi point 1-14), Point-point yang dimaksud adalah :
1.☐ Formulir Pendaftaran dapat diketik atau ditulis tangan dengan huruf kapital.

2.☐ Fotocopi sertifikat kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonesia, untuk lulusan dokter mulai tahun 2007

3.☐ Fotokopi ijasah dokter yang telah dilegalisasi/disahkan.

4.☐ Fotokopi transkrip nilai sarjana yang telah dilegalisasi/disahkan.

5.☐ Fotokopi transkrip nilai profesi yang telah dilegalisasi/disahkan

6.☐ Fotokopi surat ijin dari instansi asal (bagi yang sudah bekerja) (format dapat diunduh di point H)

7.☐ Fotokopi rekomendasi IDI setempat yang dilegalisasi.

8.☐ Fotokopi Surat Tanda Registrasi (STR) bukan legalisasi, yang masish berlaku minimal 4 bulan setelah mulai pendidikan. (misalkan mulai pendidikan 1 Juli 2015, STR harus masih berlaku sampai Oktober 2015, jika mulai pendidikan 1 Januari 2016 STR harus masih berlaku sampai Mei 2016)

9.☐ Surat Keterangan PTT/ Surat Keterangan pengalaman bekerja dari instansi, minimal 1 tahun bekerja.

10.☐ Fotokopi AcEPT/TOEFL/IELTS/IBT/CBT/ITP minimal (450 setara setara TOEFL) yang telah dilegalisasi. nilai tes kemampuan Bahasa Inggris yang masih berlaku, yaitu maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat, nilai kemampuan bahasa Inggris beserta sertifikat yang dapat digunakan adalah : (pilih salah satu)

  • Academic English Proficiency Test (AcEPT) minimal 209 dari UGM, atau
  • International English Testing System (IELTS) dari Institusi yang diakui oleh IDP, atau
  • International-Based Test (IBT) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau
  • Institutional Testing Program (ITP) TOEFL dari institusi yang diakui oleh IIEF.

11.☐ Fotokopi serifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) UGM yang telah dilegalisasi  atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPPENAS minimal score 500 yang masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.

12.☐ Fotokopi akreditasi program studi pendidikan dokter dari Badan Akreditasi Nasional (saat ini) atau Akreditasi program studi yang dimaksud adalah akreditasi saat ini dan dibuktikan dengan scan sertifikat akreditasi atau print screen akreditasi dari laman/website  BAN-PT yang masih berlaku.

Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan surat keterangan dari pimpinan Perguruan Tinggi.

Bagi pendaftar yang tidak dapat menyerahkan bukti akreditasi atau surat keterangan sedang proses akreditasi dari pimpinan Perguruan Tinggi, maka program studinya dianggap terakreditasi C dan harus menyerahkan dokumen berikut:

  • Bukti publikasi karya ilmiah di jurnal terakreditasi, atau;
  • Surat pernyataan dari atasan langsung yang menyatakan bahwa pendaftar memiliki jabatan minimal setara eselon III (bagi yang sudah bekerja).

Apabila dokumen akreditasinya tidak valid, maka tidak akan diproses lebih lanjut.

13.☐ Surat Rekomendasi minimal dari 2 (dua) orang untuk tambahan informasi Saudara (format dapat diunduh di point H)

14.☐ Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan dokter spesialis di FK UGM yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian, dan rencana setelah selesai kuliah (format dapat diunduh di point H)

15.☐ Syarat lain selain yang ada diatas point 2-14 (sertifikat kursus, pelatihan, penghargaan  dll, jika ingin Saudara lampirkan mohon sampaikan ke program studi dengan Fotokopi 1 lembar dan dibawa saat Ujian wawancara diserahkan ke  Program Studi masing-masing.

16.☐ Bagi yang Lolos seleksi administrasi pendaftaran onLine akan dilaksanakan setelah pelaksanaan ujian wawancara (informasi lebih lanjut disampaikan saat ujian akademik), mohon disiapkan semua syarat point 2-14 discan dengan format JPEG maksimal size 200 kb.

B.SYARAT INDEKS PRESTASI KUMULATIF (IPK – nilai S1 dan Profesi) sebagai berikut :

  • > 2,50 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A.
  • > 2,75 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B.
  • > 3,00 dalam skala 4 atau ekuivalensinya, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C.

C.SURAT PERJANJIAN KERJASAMA BAGI PELAMAR YANG JALUR KEMITRAAN

Peserta dengan jalur KEMITRAAN wajib mengisi formulir Surat Perjanjian Kerjasama (MoU) yang diisi dan disahkan oleh lembaga yang bersangkutan. MoU berisi,  Piagam Kerjasama, Surat Pengiriman, dan Surat Pernyataan Kesanggupan Membayar (format dapat diunduh di point H)

Surat Perjanjian Kerjasama dibuat rangkap 2 (dua) asli, bermeterai cukup, dan sudah ditandatangani pihak pertama, untuk Pihak kedua (Dekan) akan diproses lebih lanjut di bagian kerjasama FK UGM (surat perjanjian dimasukkan kedalam amplop cokelat bersama-sama dengan kelengkapan berkas diatas).
D.PESERTA TUBEL KEMENKES TAHAP XIV

Peserta Tubel Kemenkes Tahap XIV yang dinyatakan lolos seleksi Administrasi dari Kementerian Kesehatan, wajib memasukkan syarat  pendaftaran dari tubel Kemenkes (Fotokopi rangkap 3, Foto asli 4×6 cm berwarna ditempel) ditambah dengan syarat pendaftaran yang berlaku di FK UGM – rangkap 3 bendel (bendel 1 berisi point, 2-14, bendel ke 2 berisi point, 2-14 dan bendel ke 3 berisi point, 2-14)

E.PESERTA YANG TELAH MENGIKUTI SELEKSI JANUARI 2015 DAN BELUM DITERIMA

Peserta seleksi PPDS yang telah mengikuti seleksi periode Januari 2015 tetapi belum diterima, wajib menyerahkan kembali syarat-syarat seperti point A diatas, bagi yang tidak menyerahkan berkas lengkap tidak akan diproses kembali untuk mengikuti seleksi periode Juli 2015.

F.PENGIRIMAN BERKAS PENDAFTARAN

  • Berkas Pendaftaran seleksi PPDS dimasukkan ke dalam amplop cokelat, dan tiap-tiap bendel (3 bendel) diberi map dan dikirim ke PO BOX 333 YKBS 55281.
  • Pendaftaran dimulai 1 Februari 2015 sampai tanggal 5 Maret 2015.
  • Hanya berkas yang memenuhi persyaratan yang akan di proses lebih lanjut.
  • Panitia Seleksi tidak menerima berkas lamaran yang diantar langsung ke FK UGM ataupun berkas susulan.
  • Update Informasi Pendaftaran Seleksi PPDS akan diupload secara berkala di website ini

G.JADUAL SELEKSI PENERIMAAN
Seleksi penerimaan dilakukan 2 kali dalam setahun

Pendaftaran

Hasil Verifikasi

Seleksi

Pengumuman Diterima

Aktif Pendidikan

1 Feb – 5 Maret 2015

30 Maret 2015

20 – 24 April 2015

Pertengahan Juni 2015

1 Juli 2015

18 Agustus – 5 Sept 2015

28 Sept 2015

19 – 23 Okt 2015

Pertengahan Desember 2015

1 Januari 2016

  • Setiap peserta diberi kesempatan mengikuti seleksi dua kali pada program studi yang sama.
  • Setiap peserta yang gagal mengikuti seleksi dua kali pada program studi yang sama diberi kesempatan mendaftar pada program studi lain.

 H.FORM DOWNLOAD

  1. FORM PENDAFTARAN PPDS
  2. FORM REKOMENDASI
  3. FORM SURAT IZIN BELAJAR
  4. FORM PROYEKSI KEINGINAN
  5. FORM PERJANJIAN KERJASAMA (MoU)

I.BIAYA PENDIDIKAN