• Academik Potal
  • IT Center
  • Library
  • Research
  • Webmail
Universitas Gadjah Mada Program Pendidikan Dokter Spesialis
Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Universitas Gadjah Mada
  • Tentang Kami
    • Kontak
    • Galeri
  • Pendidikan
    • Program Studi & Biaya Pendidikan
    • Staff Pengajar
  • Download
  • Layanan Keuangan
  • Beranda
  • Prosedur Pendaftaran

Prosedur Pendaftaran

  • 5 June 2017, 11.39
  • Oleh:
  • 0

A. PROSEDUR PENDAFTARAN

1. Membuat akun pendaftaran di laman um.ugm.ac.id, klik disini.

2. Melakukan pendaftaran secara online disini.

  • Siapkan semua dokumen yang dipersyaratkan. Susulan dokumen setelah submit pendaftaran tidak akan diproses.
  • Siapkan scan dokumen di bawah ini (ukuran minimal 150 KB dan maksimal 200 KB untuk masing-masing file; scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi), diunggah pada saat mendaftar secara online:
NO DOKUMEN FORMAT
* Print Out Formulir Pendaftaran dari laman um.ugm.ac.id
** Bukti pembayaran seleksi (bagi yang tidak memenuhi persyaratan diatas dan tetap membayar biaya seleksi, maka biaya seleksi tidak dapat diambil)
1 Pas foto resmi terbaru, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera. *jpg
2 Ijazah Dokter terakhir yang dilegalisasi/disahkan *pdf
3 Transkrip akademik S1 dan Dokter (Profesi) yang telah dilegalisasi/disahkan *pdf
4 Sertifikat/bukti akreditasi program studi (akreditasi saat ini) jenjang pendidikan yang terakhir *pdf
5 Sertifikat Tes Potensi Akademik Pascasarjana (PAPs) atau Tes Potensi Akademik (TPA) BAPENAS atau Tes Kemampuan Dasar Akademik Himpunan Psikologi Indonesia (TKDA HIMPSI) yang masih berlaku*), minimal score 500 *pdf
6 Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris minimal score 450/setara yang masih berlaku*). Sertifikat yang diakui adalah:

• Academic English Proficiency Test (AcEPT) UGM, atau;

• IELTS dari institusi yang diakui oleh IDP, atau;

• TOEFL Internet-Based (IBT) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

• TOEFL Institutional Testing Program (ITP) dari institusi yang diakui oleh IIEF, atau;

• Test of English Proficiency (TOEP) dari Pusat Layanan Tes Indonesia (PLTI) yang diakui DIKTI untuk sertifikasi Dosen.

*pdf
7 Rekomendasi dari 2 (dua) orang dosen yang bersangkutan pada waktu kuliah jenjang sebelumnya, diutamakan dosen Pembimbing Akademik atau atasan langsung tempat kerja pelamar. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang aktif
8 Rekomendasi IDI setempat *pdf
9 Surat ijin belajar dari instansi bagi yang sudah bekerja *pdf
10 Surat Tanda Registrasi (STR) yang masih berlaku minimal 4 bulan setelah mulai pendidikan (misalkan mulai pendidikan 1 Juli , STR harus masih berlaku sampai 31 Oktober, Jika mulai pendidikan 1 Januari STR harus masih berlaku sampai 30 April) *pdf
11 Peserta kemitraan dari pemda/rs/instansi lain /LPDP/tubel kemenkes

Bukti kemitraan yang telah disyahkan

Tubel kemenkes : surat lolos seleksi administrasi dari Kemenkes

LPDP : surat keterangan sponsor dari LPDP

*pdf
12 Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis *pdf

B. PROSEDUR PEMBAYARAN

Pembayaran biaya seleksi PPDS (bagi yang tidak memenuhi syarat adimistrasi tetapi melakukan pembayaran, maka biaya seleksi tidak dapat diminta kembali), dapat dilakukan di Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN dan Bank Syariah Mandiri (BSM) melalui beberapa fasilitas yaitu:

  • PEMBAYARAN MELALUi TELLER
  • Pembayaran melalui teller

-Datang langsung ke Kantor Cabang Bank Mandiri, BNI, BRI, BTN atau Bank Syariah Mandiri (BSM).

-Saudara tidak perlu menggunakan nomor rekening tujuan, cukup memberitahukan kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

-Teller Bank akan mencatatkan data pembayaran ke Sistem Host To Host

-Apabila transaksi berhasil dibukukan, teller akan memberikan bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

  • PEMBAYARAN MELALUI ATM (Bank Mandiri, BTN, BNI, BRI)

ATM MANDIRI

-Pada menu utama, pilih BAYAR/BELI.

-Pilih PENDIDIKAN.

-Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 10005.

-Tekan tombol BENAR.

-Pada isian NIU/Nomor Peserta, masukkan kode bayar*, kemudian tekan tombol BENAR.

-Tekan 1, apabila sudah benar atau tekan CANCEL untuk membatalkan.

-Tekan YA untuk melakukan pembayaran atau tekan TIDAK untuk membatalkan.

-Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

-Setelah transaksi selesai akan keluar bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

ATM BTN

-Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAINNYA.

-Pilih PEMBAYARAN.

-Pilih MULTIPAYMENT.

-Pilih PENDIDIKAN.

-Masukkan kode institusi yaitu 0001.

-Tekan tombol BENAR.

-Pada isian No. Siswa/Mhs, masukkan kode bayar*.

-Tekan BENAR, apabila sudah benar atau tekan SALAH untuk membatalkan.

-Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

-Setelah transaksi selesai akan keluar bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

 

ATM BNI

-Pada menu utama, pilih MENU LAIN.

-Pilih PEMBAYARAN

-Pilih MENU BERIKUTNYA

-Pilih UNIVERSITAS

-Pilih STUDENT PAYMENT CENTER (SPC).

-Masukkan Kode Universitas UGM yaitu 8002 + kode bayar*.

-Tekan tombol BENAR.

-Apabila benar maka pilih YA BAYAR untuk melakukan pembayaran.

-Kemudian pilih TABUNGAN.

-Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

-Setelah transaksi selesai akan keluar bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan https://www.acheterviagrafr24.com/viagra-ordonnance/ mengunci data (submit).

ATM BRI

-Pada menu utama, pilih TRANSAKSI LAIN.

-Pilih PEMBAYARAN.

-Pilih PENDIDIKAN.

-Masukkan kode institusi UGM yaitu 011 + kode bayar*.

-Tekan tombol BENAR.

-Transaksi selesai. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

-Setelah transaksi selesai akan keluar bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

  • PEMBAYARAN MELALUI INTERNET BANKING (Bank Mandiri, Bank BNI, Internet Banking Syariah Mandiri)

INTERNET BANKING MANDIRI

-Login ke bankmandiri.co.id dengan user ID and PIN Internet Banking Mandiri.

-Pada Menu Utama, pilih Bayar.

-Pada Menu Bayar pilih Pendidikan.

-Pada combo box Dari Rekening, pilih rekening yang akan dipakai untuk melakukan transaksi.

-Pada combo box Penyedia Jasa, pilih 10005 Universitas Gadjah Mada.

-Pada combo box NIU/No.Peserta, masukkan kode bayar*.

-Klik Lanjutkan. Di layar akan tampil jumlah yang harus dibayarkan. Beri tanda centang (√).

-Apabila data sudah benar, klik Lanjutkan.

-Masukkan PIN Mandiri (6 digit) sebagaimana tampil di Token PIN Mandiri lalu klik Kirim.

-Tunggu respon dari sistem internet banking mengenai status transaksi. Apabila sukses, Saudara akan mendapatkan nomor transaksi. Data pembayaran akan secara otomatis tersimpan di database UGM.

-Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

 

INTERNET BANKING BNI

-Login pada internet banking personal di https://ibank.bni.co.id/

-Pada menu utama, pilih Transaksi.

-Pada menu Transaksi, pilih Pembelian/Pembayaran.

-Pada menu Pembelian/Pembayaran, pilih Pembayaran Tagihan.

-Pada menu Pembayaran Tagiha, pilih Biaya Pendidikan.

-Pada menu Biaya Pendidikan, pilih:

  • Tipe layanan: Pembayaran
  • PerguruanTinggi: Universitas Gadjah Mada
  • Nomor Tagihan: kode bayar*
  • Pilihan Pembayaran: Non Wajib

-Klik Lanjutkan, maka akan muncul halaman Detil Konfirmasi.

-Tuliskan nama calon pendaftar dalam field

-Masukkan challenge number ke dalam token lalu masukkan respon number dari token ke dalam aplikasi. Klik Bayar.

-Apabila transaksi berhasil akan ditampilkan informasi sebagai berikut: ‘Transaksi pembayaran berhasil dilakukan’.

-Selanjutnya pilih klik cetak bukti pembayaran untuk cetak bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

INTERNET BANKING SYARIAH MANDIRI

-Login ke: https://bsmnet.syariahmandiri.co.id/cms dengan user id dan pin internet banking Bank Syariah Mandiri Saudara

-Pilih: Menu Pembayaran

-Isi kolom nomor rekening Saudara

-Pilih jenis pembayaran (pilih Akademik – Universitas Gadjah Mada).

-Isi nomor pembayaran dengan ketentuan: kode bayar*

-Setelah Saudara isi dengan benar, klik Verifikasi Aplikasi Pembayaran.

-Isilah kolom nomor TAN dan PIN Otorisasi.

-Transaksi selesai, simpan/cetak struk bukti pembayaran biaya pendaftaran yang digunakan untuk mencetak bukti pendaftaran secara online di akun pendaftaran.

*kode bayar yang diperoleh setelah Saudara selesai melakukan pendaftaran dan mengunci data (submit).

C. PESERTA TUBEL KEMENKES TAHAP XIX

  • Peserta Tubel Kemenkes Tahap XIX yang dinyatakan lolos seleksi Administrasi dari Kementerian Kesehatan, wajib memasukkan syarat pendaftaran dari tubel Kemenkes (Fotokopi rangkap 2) ditambah dengan syarat dan prosedur pendaftaran yang berlaku di FK UGM – rangkap 2 bendel (bendel 1 berisi point, * – 12, bendel ke 2 berisi point, *-12) masing-masing bendel dimasukkan dalam map warna merah dan masukkan amplop cokelat ditulis Nama dan Prodi Saudara. Dikirim ke alamat PO BOX 333 YKBS 55281
  • Mengikuti prosedur pendaftaran diatas (POINT B)
  • Saudara yang dinyatakan lolos seleksi dari Kemenkes belum tentu lolos seleksi administrasi di FK UGM jika tidak memenuhi syarat dan prosedur pendaftaran di atas.

D. PENGIRIMAN BERKAS PENDAFTARAN

  1. Berkas Pendaftaran seleksi PPDS dalam prosedur diatas yang sudah Saudara download plus poin ( * – 12) ditambah 2 (dua) rekomendasi tertulis. Silakan dibuat 2 (dua) bendel dan masukkan dalam stop map warna biru untuk peserta regular dan map warna merah untuk peserta kemitraan dari pemda/rs/instansi lain/LPDP/tubel kemenkes kemudian dimasukkan ke dalam amplop coklat ditulis nama dan prodi Saudara.
  2. Hanya berkas yang memenuhi persyaratan yang akan di proses lebih lanjut.
  3. Panitia Seleksi tidak menerima berkas lamaran yang diantar langsung ke FK UGM ataupun berkas susulan.
  4. Update Informasi Pendaftaran Seleksi PPDS akan diupload secara berkala di website ini
  • Setiap peserta diberi kesempatan mengikuti seleksi dua kali pada program studi yang sama.
  • Setiap peserta yang gagal mengikuti seleksi dua kali pada program studi yang sama diberi kesempatan mendaftar pada program studi lain
Universitas Gadjah Mada

FAKULTAS KEDOKTERAN, KESEHATAN MASYARAKAT, DAN KEPERAWATAN

Universitas Gadjah Mada

Jl.Farmako Sekip Utara,Yogyakarta 55281 Indonesia

ppds.fk@ugm.ac.id

tkp.ppdsfkugm@gmail.com
+62 274 560300
+62 274 581876

© Universitas Gadjah Mada 2022

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY

[EN] We use cookies to help our viewer get the best experience on our website. -- [ID] Kami menggunakan cookie untuk membantu pengunjung kami mendapatkan pengalaman terbaik di situs web kami.I Agree / Saya Setuju