Yang perlu disiapkan untuk mendaftar Program Pendidikan Dokter Spesialis
No. | Berkas | Daftar online | Dikirim | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1. | Ijasah asli S1 dan Dokter | Softcopy *pdf | Fotokopi dilegalisir 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2. | Transkrip asli S1 dan Dokter dengan IPK
a) ≥ 2,50 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi A, atau; b) ≥ 2,75 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi B, atau; c) ≥ 3,00 dalam skala 4 atau setara, untuk pendaftar lulusan program studi terakreditasi C Perhitungan IPK = Jumlah nilai (S1+Profesi) / jumlah SKS (S1 + Profesi) (tidak berlaku Transkrip dengan nilai konversi) |
Softcopy *pdf | Fotokopi dilegalisir 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3. | Sertifikat akreditasi program studi saat ini
Program Studi yang akreditasinya sedang dalam proses perpanjangan, dibuktikan dengan tanda terima penyerahan borang akreditasi ke BAN PT/LamPTKes. Khusus pelamar lulusan luar negeri, bukti akreditasinya adalah Surat Keputusan Penyataraan Ijazah Luar Negeri dari DIKTI. |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4. | Sertifikat Kemampuan bahasa Inggris:
a. AcEPT minimal 209 atau; b. IELTS minimal 4.5 atau; c. TOEP minimal 36 atau; d. ITP-TOEFL minimal 450 atau; e. iBT-TOEFL minimal 41 masa berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Contoh sertifikat dapat dilihat di web um.ugm.ac.id |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5. | Sertifikat Tes Potensi Akademik:
a. TPA BAPENAS minimal 500 atau; b. PAPs UGM minimal 500 atau; c. TKDA HIMPSI minimal 500 masa berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat. Contoh sertifikat dapat dilihat di web um.ugm.ac.id |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6. | Sertifikat Kompetensi dari Kolegium Dokter Primer Indonesia dan nilai ujian kompetensi
berlaku untuk lulusan dokter mulai tahun 2007 |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7. | Surat rekomendasi IDI | Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8. | Fotokopi STR yang masih berlaku minimal 4 bulan setelah mulai Pendidikan
a) Pendidikan mulai 1 Juli, STR masih berlaku sampai bulan Oktober b) Pendidikan mulai 1 Januari, STR masih berlaku sampai bulan April Surat keterangan perpanjangan STR dan STR Internship tidak berlaku |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9. | Surat rekomendasi dari dua orang | Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10. | Rekomendasi yang bersifat rahasia dari 2 (dua) orang yang mengenal calon Mahasiswa pada jenjang pendidikan sebelumnya. Dosen Pembimbing Akademik dan/atau orang lain yang dianggap berwenang, misalnya atasan tempat kerja calon mahasiswa. Tautan untuk memberikan rekomendasi secara online akan dikirim Panitia UM UGM kepada pemberi rekomendasi melalui email. Pastikan alamat email pemberi rekomendasi adalah alamat email yang valid dan aktif. | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11. | Proyeksi keinginan calon dalam mengikuti program pendidikan spesialis yang berisi alasan, harapan, rencana topik penelitian dan rencana setelah selesai spesialis (format dapat diunduh) | Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Surat keterangan:
a. selesai PTT atau; b. pengalaman klinik minimal 1 tahun atau; c. selesai intership |
Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12. | Surat keterangan lolos administrasi peserta beasiswa dari Kemenkes atau LPDP | Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13. | Untuk peserta kemitraan melampirkan surat pengiriman dan surat kesanggupan membayar dari instansinya. Naskah kerjasama (MOU) di proses tandatangannya setelah diterima sebagai mahasiswa. | Softcopy *pdf | Fotokopi 2 lembar | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14. | Surat ijin belajar dari instansi | Fotokopi 2 lembar | |||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
15. | Batas usia
Batas usia peserta maksimal – dihitung saat mulai pendidikan (1 juli atau 1 Januari)
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
16. | Syarat khusus atau tambahan
a) WAJIB menyertakan bukti registrasi dari Kolegium Orthopaedi & Traumatologi Indonesia. Telp. Sekretariat (0274) 515054 b) Menyerahkan sertifikat ATLS 2. Program Studi Urologi Menyerahkan sertifikat ATLS |
Fotokopi 2 lembar |
* – ukuran minimal 150 KB dan maksimal 800 KB untuk masing-masing file;
– scan dokumen harus dapat dibaca dengan jelas guna keperluan verifikasi
– diunggah pada saat mendaftar secara online
JADWAL PENDAFTARAN
[gview file=”http://web44.opencloud.dssdi.ugm.ac.id/wp-content/uploads/sites/846/2018/02/Jadwal-Ujian-PPDS-periode-januari-2019.pdf”]